Pembelian


Proses Keputuasan Pembelian

Peran Pembelian

Suatu proses keputusan membeli bukan sekadar mengetahui berbagai factor yang akan mempengaruhi pembeli, tetapi berdasarkan peranan dalam pembelian dan keputusan untuk membeli. Terdapat lima peran yang terjadi dalam keputusan membeli:

  • Pemrakarsa (initiatir). Orang yang pertama kali menyarankan membeli suatu produk atau jasa tertentu.
  • Pemberi pengaruh (influencer). Orang yang padangan/nasihatnya member bobot dalam pengambilan keputsan akhir.
  • Pengambilan keputusan (decider). Orang ynag sangat menentukan sebagian atau keseluruhan keputusan pembelian, apakah membeli, apa yang dibeli, kapan hendak membeli, dengan bagaimana cara membeli, dan di mana akan membeli.
  • Pembeli (buyer). Orang yang melakukan pembelian nyata.
  • Pemakai (user). Orang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa.

Tahap-tahap dalam proses keputsan membeli

Ada lima tahap yang dilalui konsumen dalam proses pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan pembelian, dan perilaku pembelian.

Sumber : Panduan riset perilaku konsumen Oleh Bilson Simamora

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: