Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian


Bagaimana proses evaluasi yang terjadi di dalam diri pembeli hingga sampai pada keputusan? Sebenarnya sulit untuk mengetahuinya sebab kebanyakan konsumen tidak melakukan proses tunggal. Ada pun proses evaluasi bias di jelaskan asumsi asumsi seperti berikut ini:

Pertama, diasumsikan bahwa konsumen melihat produk sebagai sekumpulan atribut. Sebagai contoh, sekaleng susu instan merupakan atribut yang terdiri dari rasa, kandungan gizi,harga, ukuran, dan reputasi. Konsumen yang berbeda memiliki persepsi yang berbeda tentang atribut apa yang relevan.

Kedua, tingkat kepentingan atribut berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Konsumen memiliki penekanan yang berbeda-beda dalam menilai atribut apa yang paling penting. Konsumen yang daya belinya terbatas, kemungkinan besar akan memperhatikan atribut harga sebagai yang utama.

Ketiga, konsumen mengembangkan sejumlah kepercayaan tentang letak produk pada setiap atribut. Sejumlah kepercayaan mengenai merek tertentu disebut ‘brand imange’. Misalnya, sejumlah kepercayaan mengenai susu dancow intant adalah rasa enak, harga terjangkau, mutu terjamin.

Keempat, tingkat kepuasan konsumen terhadap produk akan beragam sesuai dengan perbedaan  atribut. Misalnya, seseorang menginginkan besarnya gambar dari televisi. Maka, kepuasan tertinggi akan diperoleh dari televise paling besar dan kepuasan terendah dari televise paling kecil. Dengan kata lain, semakin besar ukuran televise, maka kepuasannya juga semakin besar.

Kelima, konsumen akan sampai pada sikap terhadap merek yang berbeda melalui prosedur evaluasi.

Sumber : Memenangkan Pasar dg Pemasaran Oleh Bilson Simamora

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: