Masyarakat Informasi dan Komputer


Masyarakat Informasi dan Komputer

Dimensi Masyarakat Informasi Menurut Bell

  1. Sektor ekonomi : berubah ke bentuk pelayanan jasa
  2. Distribusi pekerjaan : munculnya kelas profesional dan kelas teknis
  3. Prinsip sumbu : ilmu pengetahuan merupakan sumber utama
  4. Orientasi masa depan : Pengendalian dan penghargaan terhadap teknologi
  5. Pengambilan keputusan : Berbasis teknologi

Ciri Masyarakat Informasi

  1. Ilmu pengetahuan menjadi sumber utama dalam dunia usaha
  2. Ilmu pengetahuan menjadi aset bagi siapa saja
  3. Ilmu pengetahuan mendongkrak lajunya kemajuan usaha
  4. Mengumpulkan, mengolah, dan memanfaatkan informasi untuk pengambilan keputusan

Komputer dan Masyarakat Informasi

  • Komputer sebagai mesin pengolah informasi, membuka kemungkinan baru dalam hidup manusia
  • Zaman informasi adalah gambaran yang lengkap tentang jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan, dunia usaha, dan pemerintahan
  • Digantikannya surat biasa dengan surat elektronik dan pertemuan tatap muka dengan konferensi jarak jauh

Surat Elektronik

  • Electronic Computer Originated Mail (E-COM) – 1981 : mengkombinasikan antara cara komunikasi elektronik dengan pengantaran surat tradisional
  • MCI Communication Corporation : menyediakan jaringan komunikasi untuk mengirim dan menerima pesan bagi pelanggan
  • Purolator Courier : pelayanan overnight service

Jenis-jenis Pelayanan Jasa Mail Box

  • Surat Elektronik Melalui Kotak Surat Terpusat : Pengirim mengirimkan surat elektronik ke mail box, pada saat lain penerima memeriksa mail box tersebut
  • Surat Elektronik langsung : Pengirim pada terminalnya mengirimkan pesan melalui media perantara yang dapat dibaca oleh penerima di terminal tujuan
  • Surat Elektronik melalui Kotak Surat Lokal : Pengirim menggunakan terminalnya untuk mengirim surat pada malam hari, karena tarif lebih rendah, kemudian penerima akan memeriksa esok hari

Konferensi Jarak Jauh

  • Merupakan evolusi dari sistem surat elektronik dengan dengan multi user interaction
  • Kekurangannnya adalah kemempuan mengetik yang lebih lambat dari kecepatan berbicara
  • Video Conferencing merupakan bentuk kenferensi jarak jauh dengan menampilkan gambar atau citra pembicara
  • Perusahaan seperti JC Penney dan Boing menganggap bahwa konferensi dengan video mampu mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi, dan meningkatkan persaingan di pasaran

VIDEOTEX

Jenis-jenis kegiatan transaksi ekonomi :

  • Pengambilan kembali informasi
  • Transaksi
  • Penyampaian pesan
  • Monitor jarak jauh
  • Komputasi
  • Bekerja di rumah
  • Pendidikan di rumah

Tiga jenis pelayanan informasi utama

  • Pengambilan kembali informasi dari basis data
  • Teletext
  • Video Text

Batasan pengembangan bentuk komersial videotex oleh British Post Office

  • Megutamakan kehandalan sistem
  • Kemudahan penggunaannya
  • Akses yang cepat dan multi user
  • Biaya yang rendah
  • Informasi disimpan dalam bentuk duplikasi di banyak komputer dalam jaringan

Jenis-jenis layanan yang diberikan oleh Viewtron

  • Berita cuaca dan olah raga
  • Peyunjuk resmi jadwal penerbangan
  • Ensiklopedia American
  • Surat elektronik
  • Belanja dari rumah
  • Perbankan elektronik

Komponen utama dari jasa pelayanan videotex

  • Pelanggan
  • Pemasok informasi dan pelayanan, ex : Associated Prees, Dow Jones, Reuters, dll.
  • Pemaket informasi, ex : Times Mirror, Knight Rider, AT&T, dll.
  • Pembawa Videotex, ex : NBC, CBS, dll
  • Pembuat peralatan, ex : Apple, TI, Tandy, dll.

Kemungkinan perkembangan masyarakat menurut John Tydemen

  • Struktur masyarakat
  • Proses pengambilan keputusan
  • Pilihan yang baru
  • Ketidaksamaan
  • Struktur ekonomi
  • Pelayanan keuangan

Pandangan ke depan untuk dunia yang kurang maju tingkat peradabannya

  • Pengikisan terhadap kepentingan nasional
  • Terhentinya arus informasi
  • Meningkatnya pengangguran
  • Masalah kawasan industri
  • Reorganisasi ekonomi
  • Ancaman terhadap kebudayaan nasional

Etika dan Profesionalisme

Alasan : masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga profesional dalam bidang tersebut

Beberapa masyarakat yang memerlukan perlindungan :

  1. Masyarakat umum
  2. Pembeli produk dan jasa komputer
  3. Majikan tenaga ahli komputer
  4. Tenaga ahli komputer

Profesi Merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar keterampilan dan keahlian yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota yang menyandang profesi tersebut.

Profesionalisme Merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas bagi masyarakat

Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di bidang teknologi komputer dan informasi

  1. Sertifikasi
  2. Akreditasi
  3. Forum Komunikasi

Etika profesi : penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam kehidupan profesional.

Issue pokok yang menjadi sumber dilemma etika hubungan klien-profesional

  1. Prinsip dasar
  2. Egoisme
  3. Kerahasiaan seperti : Pragmatisme dan Hak Azazi
  4. Otonomi Klien

Dua kelompok kode etik  dan perilaku

  1. Organisasi atau lembaga di mana ia bekerja
  2. Asosiasi Profesi

Tujuan penyusunan kode etik da perilaku professional

  1. Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku
  2. Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap berbagai macam perilaku yang merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang bersangkutan

Beberapa usaha untuk meningkatkan kode etik

  1. Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang menyandang profesi yang bersangkutan
  2. Melakukan promosi etika profesional
  3. Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: